Dewan Perwakilan Rakyat: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Arupako (parembugan | pasumbang)
c éjaan, replaced: desa → désa, dokter → dhokter, sehat → séhat, Indonesia → Indonésia (14) using AWB
BeeyanBot (parembugan | pasumbang)
c éjaan, replaced: pemerintah → pamaréntah (2), Pemerintah → Pamaréntah (2) using AWB
Larik 22:
Tugas dan wewenang DPR antara lain:
* Membentuk [[Undang-Undang]] yang dibahas dengan Presiden untuk mendapat persetujuan bersama
* Membahas dan memberikan persetujuan [[Peraturan PemerintahPamaréntah Pengganti Undang-Undang]]
* Menerima dan membahas usulan RUU yang diajukan DPD yang berkaitan dengan bidang tertentu dan mengikutsertakannya dalam pembahasan
* Menetapkan APBN bersama Presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPD
* Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan UU, APBN, serta kebijakan pemerintahpamaréntah
* Memilih anggota [[Badan Pemeriksa Keuangan]] dengan memperhatikan pertimbangan DPD
* Membahas dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan atas pertanggungjawaban keuangan nagara yang disampaikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan;
Larik 43:
Anggota DPR nduwèni hak interpelasi, hak angket, lan hak mratélakaké panemu (''pendapat''). Anggota DPR uga nduwèni hak ngajokaké RUU, ngajokaké pitakonan, usul lan panemu, mbéla dhiri, hak imunitas, sarta hak protokoler.
 
Miturut Undhang-Undhang Nomer 22 Taun 2003 ngenani Susduk MPR, DPR, DPD, lan DPRD, jroning ngayahi tugas lan wewenangé, DPR duwé hak njaluk marang para pejabat nagara, pejabat pemerintahpamaréntah, badan hukum, utawa warga masyarakat kanggo mènèhi katrangan. Yèn panjaluk iki ora dituruti, bisa dikenakaké panggilan peksa (miturut peraturan perundhang-undhangan). Yèn panggilan peksa iki ora dituruti tanpa alesan sing sah, bisa disandera paling lawas 15 dina (miturut peraturan perundhang-undhangan).
<!--
== Alat kelengkapan ==
Larik 58:
Saat ini DPR mempunyai 11 Komisi dengan ruang lingkup tugas dan pasangan kerja masing-masing:
* '''Komisi I''' membidangi Pertahanan, Luar Negeri, dan Informasi. Ketua Komisi I saat ini adalah [[Theo Sambuaga]] dari Fraksi Partai Golkar.
* '''Komisi II''' membidangi PemerintahanPamaréntahan dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, dan Agraria. Ketua Komisi II saat ini adalah [[Evert E Mangindaan]] dari Fraksi Partai Demokrat.
* '''Komisi III''' membidangi Hukum dan Perundang-undangan, Hak Asasi Manusia, dan Keamanan. Ketua Komisi III saat ini adalah [[Trimedya Panjaitan]] dari Fraksi Partai Demokrasi Indonésia Perjuangan.
* '''Komisi IV''' membidangi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan. Ketua Komisi IV saat ini adalah [[M. Yusuf Faishal]] dari dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.