Padunung: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
éjaan using AWB
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
éjaan using AWB
Larik 25:
[[Berkas:Piramida penduduk.png|thumb|250px|Piramida penduduk yang menunjukkan tingkat mortalitas stabil dalam setiap kelompok usia]]
Pengendalian penduduk adalah kegiatan membatasi pertumbuhan penduduk, umumnya dengan mengurangi jumlah kelahiran. Dokumen dari [[Yunani Kuno]] telah membuktikan adanya upaya pengendalian jumlah penduduk sejak jaman dahulu kala.
Salah satu contoh pengendalian penduduk yang dipaksakan terjadi di [[RepublikRépublik Rakyat Tiongkok|Tiongkok]] yang terkenal dengan kebijakannya 'satu anak cukup'; kebijakan ini diduga banyak menyebabkan terjadinya aksi pembunuhan bayi, pengguguran kandungan yang dipaksakan, serta sterilisasi wajib.
 
IndonesiaIndonésia juga menerapkan pengendalian penduduk, yang dikenal dengan program [[Keluarga Berencana]] (KB), meski program ini cenderung bersifat persuasif ketimbang dipaksakan. Program ini dinilai berhasil menekan tingkat pertumbuhan penduduk IndonesiaIndonésia.
 
== Penurunan jumlah penduduk ==
Larik 36:
 
== Transfer penduduk ==
[[Transfer penduduk]] adalah istilah untuk kebijakan nagara yang mewajibkan perpindahan sekelompok penduduk pindah dari kawasan tertentu, terutama dengan alasan etnisitas atau agama. Hal ini terjadi di [[India]] dan [[Pakistan]], antara [[Turki]] dan [[Yunani]], dan di [[Éropah Timur]] selama [[Perang Dunia Kedua]]. Kebijakan [[transmigrasi]] oleh pemerintah [[IndonesiaIndonésia]] selama orde baru bisa dikategorikan [[transfer penduduk]]. Perpindahan penduduk lainnya dapat pula karena imigrasi, seperti imigrasi dari Éropah ke koloni-koloni Éropah di [[Amerika]], [[Afrika]], [[Australia]], dan tempat-tempat lainnya.
 
== Ledakan penduduk ==
Larik 68:
-->
Ing ngisor iki peringkat nagara-nagara ing donya adhedhasar cacahing padunung (2005):
# RepublikRépublik Rakyat Tiongkok (1.306.313.812 jiwa)
# India (1.103.600.000 jiwa)
# Amérika Sarékat (298.186.698 jiwa)