Rudolf Virchow: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
→‎Réferènsi: nglarasaké tulisan "Pranala njaba" using AWB
Top4Bot (parembugan | pasumbang)
ganti kat, replaced: penting → wigati , bidang → babagan, hukum → kukum, modern → modhèren, pertama → kapisan, profesor → profésor, tahun → taun
Larik 4:
== Karir ==
 
Virchow mempelajari ilmu [[kedokteran]] di Berlin pada akademi militer [[Prussia]]. Ia lulus pada [[1843]] dan menjadi [[profesorprofésor]] pada [[1847]]. Dengan alasan politis, ia pindah ke [[Würzburg]] dua tahuntaun kemudian, dan bekerja dalam bidangbabagan [[anatomi]]. Ia kembali ke Berlin pada [[1856]].
 
Virchow dikenal dengan berbagai penemuannya. Ia adalah orang pertamakapisan yang mengenal [[leukemia]] dan amat dikenal dengan hukumnyakukumnya: ''Omnis cellula e cellula'' ("setiap sel berasal dari sel lainnya") yang ia kemukakan pada [[1855]]. Hukum ini berdasarkan penemuannya bahwa bukan seluruh organisme, melainkan kelompok sel tertentu yang dalam keadaan tak sehat.
 
Virchow menguraikan mekanisme dari [[tromboembolis]] pada [[paru-paru]]. Menurutnya, bekuan darah dalam arteri pulmonaris berasal dari trombi pada pembuluh vena. Virchow jugalah yang membangun berbagai disiplin ilmu dalam kedokteran yaitu [[patologi seluler]], [[patologi perbandingan]], dan [[antropologi]].
Larik 27:
== Karir Politik ==
 
Virchow juga bekerja sebagai politikus (anggota dari dewan kota Berlin, parlemen Prussia sejak 1861, Reichstag Jerman 1880-1893) dengan tujuan meningkatkan kepedulian kesehatan masyarakat Berlin. Ia banyak berperan dalam pembangunan sistem air dan gorong-gorong modernmodhèren. Ia pun menemukan "kedokteran sosial" yang menyatakan bahwa sebuah penyakit tidak murni adalah masalah biologis, namun juga berasal dari problema sosial. Sebagai salah satu pendiri dan anggota dari sebuah partai liberal (Deutschen Fortschrittspartei), ia adalah salah satu politikus pentingwigati yang berlawanan dengan [[Otto von Bismarck|Bismarck]]. Namun ia pernah bekerja sama bersama Bismarck pada [[Kulturkampf]], sebuah kegiatan kampanye melawan gereja Katolik. <ref name="Progs>"This anti-Catholic crusade was also taken up by the Progressives, especially Rudolf Virchow, though Richter himself was tepid in his occasional support." [http://www.mises.org/story/1787 Authentic German Liberalism of the 19th Century] oleh Ralph Raico</ref>
-->
== Réferènsi ==
Larik 40:
* {{de}} [http://dispatch.opac.d-nb.de/DB=4.1/REL?PPN=118627198 karya lan ngenani Virchow] ([[Basa Jerman]])
 
[[Kategori:KalairanLair 1821|Virchow, Rudolf]]
[[Kategori:Pati 1902|Virchow, Rudolf]]
[[Kategori:Winasis Jerman|Virchow]]