Hormon: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (parembugan | pasumbang)
c r2.7.2+) (Bot: Nambahaké rue:Гормон
Tanpa ringkesan besutan
Larik 8:
}}</ref> termasuk di antaranya adalah perangsangan atau penghambatan [[pertumbuhan]] serta [[apoptosis]] (kematian sel terprogram), pengaktifan atau penonaktifan [[sistem kekebalan]], pengaturan [[metabolisme]] dan persiapan aktivitas baru (misalnya terbang, kawin, dan perawatan anak), atau fase kehidupan (misalnya [[pubertas]] dan [[menopause]]). Pada banyak kasus, satu hormon dapat mengatur produksi dan pelepasan hormon lainnya. Hormon juga mengatur [[siklus reproduksi]] pada hampir semua organisme multiselular.
 
Pada hewan, hormon yang paling dikenal adalah hormon yang diproduksi oleh [[kelenjar endokrin]] [[vertebrata]]. Walaupun demikian, hormon dihasilkan oleh hampir semua sistem [[organ (anatomi)|organ]] dan jenis jaringan pada tubuh hewan. [[Molekul]] hormon dilepaskan langsung ke [[aliran darah]], walaupun ada juga jenis hormon - yang disebut ektohormon (''ectohormone'') - yang tidak langsung dialirkan ke aliran darah, melainkan melalui sirkulasi atau [[difusi]] ke sel target.
 
Pada prinsipnya pengaturan produksi hormon dilakukan oleh [[hipotalamus]] (bagian dari otak). Hipotalamus mengontrol sekresi banyak kelenjar yang lain, terutama melalui [[kelenjar pituitari]], yang juga mengontrol kelenjar-kelenjar lain. Hipotalamus akan memerintahkan kelenjar pituitari untu mensekresikan hormonnya dengan mengirim faktor regulasi ke lobus anteriornya dan mengirim impuls saraf ke posteriornya dan mengirim impuls saraf ke lobus posteriornya.
Larik 15:
 
== Faktor Régulasi ==
Faktor régulasi iku senyawa kimia kang ngontrol prodhuksi sapérangan hormon sing duwé fungsi wigati kanggo badan. Senyawa mau dikirim menyang lobus anterior kelenjar pituitari déning hipotalamus. Ana 2 faktor [[regulasi]], yaiku faktor pangucul (''releasing factor'') sing nyebabaké kelenjar pituitari nyèkrèsikaké hormon tinentu lan faktor panyandhet (''inhibiting factor'') sing bisa ngendhegaké sèkrèsi hormon mau. Minangka conto yaiku FSHRF (faktor pangucul FSH) lan LHRF (faktor pangucul LH) sing nyebabaké uculé hormon FSH lan LH.
 
== Hormon Antagonistik ==