Mauritius: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c removed Category:Negara using HotCat
c mbenakaké éjaan using AWB
Larik 43:
footnotes=
}}
'''Republik Mauritius''' kuwi sawijining [[negaranagara]] [[Pulau|kapuloan]] ing kidul-kulon [[Samudra Hindia]], watara 900  km sisih wétan [[Madagaskar]]. Saliyané Pulo Mauritius, negaranagara iki uga nyakup Kapuloan [[Cargados Carajos]], [[Rodrigues]] lan [[Kapuloan Agalega]]. Mauritius klebu jroning [[Kapuloan Mascarene]], karo Pulo [[Reunion]] duwèké [[Perancis]] 200  km sisih kidul-kulon Mauritius.
 
== Sajarah ==
Pulo Mauritius ditemokaké déning bangsa [[Portugal]] taun [[1505]], lan pisanan dijajah déning [[Walanda]] taun [[1638]]. Walanda njenengaké "Mauritius" kanggo mèngeti Pangeran [[Maurice saka Nassau]]. Perancis nguwasani pulo iku jroning [[abad ka-18]] nuli njenengaké ''Ile de France''. Mauritius sabanjuré dikuwasani déning [[Britania Raya]] taun [[1810]] lan dibalèkaké menyang jeneng asalé.
 
Kamardikan direngkuh taun [[1968]] kanthi pamaréntahan [[republik]] kang klebu jroning kumpulan [[Negara-Negara Persemakmuran|Persemakmuran]] taun [[1992]]. Mauritius minangka negaranagara [[dhémokrasi]] kang relatif stabil kanthi pemilihan umum reguler lan cathetan hak asasi manusia kang baik. Aliran investasi mancanegaramancanagara menyang Mauritus cukup akèh, dadi salah siji negaranagara kanthi ''pendapatan per kapita'' paling dhuwur ing [[Afrika]].
 
== Politik ==
[[Kepala negaranagara]] Mauritius yakuwi [[Presiden]] kanthi mangsa jabatan limang taun kang dipilih déning Majelis Nasional, [[parlemen]] [[unikameral]] Mauritius. Saka total 66 anggota parlemen, 62 wong dipilih liwat kasil swara paling akèh lan 4 liyané dipilih kanggo makili etnik minoritas, gumantung marang kasil pemilu. Parlemen dipimpin déning [[Perdana Mentri]] lan sawetara mentri.
 
== Pamérangan administratif ==
Larik 72:
==Geografi==
[[Gambar:Mauritius-CIA WFB Map.png|right|250px|Peta Mauritius]]
Bersama dengan [[Reunion]] dan Rodrigues, Mauritius merupakan bagian dari [[Kepulauan Mascarene]]. [[Pulau|Kepulauan]] ini terbentuk oleh ledakan [[Volkano|vulkanis]] bawah laut ketika [[Lempeng Afrika]] bergerak menuju titik panas (''hotspot'') Reunion. Mauritius dan Rodrigues terbentuk 8-10 juta tahun lalu. Kedua gunung itu tidak lagi aktif dan titik panas tersebut sekarang berdiam di bawah Reunion. Pulau Mauritius sendiri terbentuk di sekeliling plato tengah, dengan puncak tertinggi [[Piton de la Riviere Noire]] (828 m). Di sekeliling plato, krater yang asli masih dapat dibedakan dari gunung-gunung lainnya
 
Cuaca tropis di Mauritius dipengaruhi oleh angin dari arah tenggara; musim dingin dari Mei-November dan musim panas dari November-Mei. Angin [[siklon]] biasanya terjadi selama November-April.
Larik 79:
 
==Ekonomi==
Selama kemerdekaan pada [[1968]], Mauritius telah berkembang dari ekonomiékonomi berbasis [[agraris]] yang pendapatannya rendah hingga menjadi ekonomiékonomi dengan pendapatan sedang yang bervariasi sektor pertumbuhannya seperti industri, finansial dan [[pariwisata]]. Pada kebanyakan periode, pertumbuhan tahunan mencapai 5%-6%. Oleh karena itu, perkiraan usia penduduk meningkat, tingkat kematian [[balita]] menurun dan [[infrastruktur]] membaik.
 
[[Gula tebu]] ditanam di 90% lahan pertanian dan ia mencakup 25% dari pendapatan ekspor. Namun pada [[1999]], suatu rekor kemarau merusakkan lahan tebu. Strategi pembangunan berpusat pada masuknya investasi asing. Mauritius telah menarik sedikitnya 9.000 bisnis ''offshore'', kebanyakannya merupakan usaha di [[India]] dan [[Afrika Selatan]]. Investasi di sektor [[Bank|perbankan]] telah mencapai lebih dari [[Dolar AS|US$]] 1 miliar. Tingkat pengangguran mencapai level 7,6% pada 2004.
 
==Demografi==
Dua bahasa resmi Mauritius adalah [[bahasa Inggris]] dan [[bahasa Perancis]]. Walaupun Perancis tidak lagi menguasai negaranagara itu sejak 200 tahun lalu, bahasa Perancis masih sering dituturkan. [[Bahasa Kreol]] yang bersumber dari bahasa Perancis dengan pengaruh bahasa-bahasa Inggris, [[Bahasa Portugis|Portugis]] dan [[Hindi]] juga sering dituturkan oleh warga Mauritius. Bahasa Kreol tertulis telah berkembang sejak akhir [[1960-an]] dan tidak mempunyai kemiripan dengan bahasa Perancis. Beberapa bahasa Asia Selatan seperti Hindi, [[Urdu]] dan [[Telugu]] juga dituturkan.
 
Bahasa Urdu digunakan oleh pekerja keturunan [[India]] yang dibawa ke sana oleh Britania Raya. Ras Indo-Mauritius mencakup sekitar 70% dari total penduduk. Populasi lainnya adalah ras [[Afrika]], Prancis, [[Tionghoa]] atau ras campuran.
 
Mayoritas penduduk Mauritius beragama [[Hindu]] (50%), sedangkan yang lainnya [[Kristen]] (28%) dan [[Islam]] (17%).
 
==Budaya==
Sejarah kolonial Mauritius yang beragam tercermin dalam kebudayaannya. Misalnya, masakan khas Mauritius merupakan campuran dari resep [[Belanda]], [[Perancis]], [[India]] dan [[Kreol]].
 
Pada [[1847]], Mauritius menjadi negaranagara kelima di dunia yang mengeluarkan [[perangko]]. Dua tipe perangko yang dikeluarkan waktu itu, yakni ''Red Penny'' dan ''Blue Penny'', kemungkinan paling terkenal di dunia karena jarang ditemukan sehingga harganya mahal.
 
Ketika ditemukan, Pulau Mauritius merupakan habitat bagi spesies burung yang dulunya tidak diketahui. Bangsa Portugal menamakannya [[dodo]] (simpleton) karena dodo tidak kelihatan terlalu terang. Namun, pada akhir [[1681]], semua burung dodo telah dibunuh oleh penghuni pulau atau [[hewan peliharaan]] mereka. Burung dodo masih disuguhkan sebagai suporter lambang negaranagara.
-->
== Delengen uga ==
* [[Daftar negaranagara]]
* [[Daftar negaranagara miturut bawana]]
* [[Daftar negaranagara miturut amba wilayah]]
* [[Daftar lagu kabangsan]]
* [[ISO 3166-1]]
Larik 112:
* {{fr}} [http://www.alphavilla.info/ Mauritius travel guide]
 
{{geo-stub}}
{{Uni Afrika}}
{{Afrika}}
 
[[Kategori:Mauritius| ]]
 
 
{{geo-stub}}