Teheran: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
YiFeiBot (parembugan | pasumbang)
c Bot: Migrasi 5 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:q3616
c mbenakaké éjaan using AWB
Larik 1:
[[Gambar:Tehran.png|right|Péta Iran lan sakupengé sing nuduhaké lokasi Teheran]]
'''Teheran''' (utawa '''Tehran''') ([[basa Persia]]: تهران), populasi 8.000.000 ([[metropolitan]]: 10.000.000), iku ibu kutha negaranagara [[Iran]] lan salah siji [[kutha donya]] sing wigati. Luwih saka setengah indhustri Iran manggon ing kéné. Indhustri mau yaiku prodhuksi [[otomobil|mobil]], [[elektronik]] lan piranti elektrik, [[gegaman]], [[tekstil]], [[gula]], [[semen]] lan prodhuk kimia. Teheran uga pusat pangadolan [[karpet]] lan mebel misuwur. Sawijining kilang [[lenga]] ana cerak Teheran.
 
Teheran iku kutha sing sarat karo kauripan sing ana ing sikil pagunungan [[Alborz]] kanthi jaringan [[dalan tol]] sing ora ana tandhingané ing [[Asia]] Kulon. Teheran uga arupa ''hub'' jaringan sepur Iran. Akèh muséum gedhé, pusat seni, komplèks istana sing ana ing Teheran. Komunitas [[masarakat]] arupa kaum Persia, ''Azeris'', Armenia, Yahudi lan Afghan. Papan ngibadah arupa mesjid, gréja lan sinagoga.
 
<!--
Larik 10:
Teheran sepertinya telah muncul sebagai suatu desa pada [[abad ke-9]], namun tidak terkenal karena kota [[Rages]] yang berada dekat dengan Teheran lebih maju pada era pra-Mongol. Pada [[abad ke-13]], setelah suku [[Mongol]] menghancurkan kota Rages, banyak penduduk Rages mengungsi ke Teheran. Sebuah sumber menyebutkan Teheran pada era mongol dijuluki "Teherannya Rages" (طهرانِ ری). Teheran kemudian disebut dalam buku ''Nezhat ol-Gholoob'' karya Hamdollah Mostowfi (ditulis tahun [[1340]]) sebagai sebuah desa terkenal.
Teheran menjadi tempat pemukiman pemimpin [[Safavid]] pada [[abad ke-17]] oleh [[Tahmasp I]] yang membangun ''[[bazaar]]'' dan tembok di sekeliling kota, tetapi kemudian ditinggalkan karena [[Abbas I]] mulai benci dengan Teheran setelah dia jatuh sakit ketika akan melewati kota untuk berperang dengan suku [[Uzbek]].
 
Pada awal [[abad ke-18]], [[Karim Khan Zand]] memerintahkan sebuah [[istana]], [[harem]] dan kantor pemerintah dibangun di Teheran, kemungkinan untuk mendeklarasikan Teheran sebagai ibukotanya, tetapi kemudian memindahkan pemerintahannya ke [[Shiraz]]. Teheran akhirnya menjadi ibukota [[Persia]] tahun [[1795]] ketika raja [[Qajar]] [[Agha Mohammad Khan]] ditahtakan di sana. Teheran masih menjadi ibukota hingga kini.
 
Selama [[Perang Dunia II]], pasukan [[Britania Raya|Inggris]] dan [[Uni Soviet]] memasuki kota ini. Teheran menjadi lokasi [[Konferensi Teheran]] tahun [[1943]] yang dihadiri Presiden [[Franklin Delano Roosevelt]], Perdana Menteri [[Winston Churchill]] dan PM [[Joseph Stalin]].
 
Pada [[8 September]] [[1978]], demonstrasi menentang [[shah]] menimbulkan kerusuhan. Para tentara dilaporkan menembak para demonstran. Hukum darurat militer diterapkan selama revolusi berlangsung dari 1978-1980.
Larik 22:
== Mengenai Teheran ==
[[Berkas:Tehranshomal.jpg|thumb|right|300px|<center>Teheran adalah sebuah metropolis berpenduduk 10 juta jiwa yang terletak di kaki pegunungan Alborz.</center>]]
Pemandangan pertama yang dilihat pengunjung yang datang dari Bandara Internasional Mehrabad adalah [[Menara Azadi]] yang menjadi ikon kota Teheran dan negaranagara Iran. Menara keempat tertinggi di dunia, ''Milad-e-Nour'', sedang dalam pembangunan.
 
Seperti kota-kota besar dunia lainnya, Teheran dilanda kemacetan lalu lintas yang serius dan masalah polusi. Kondisi Teheran telah menjadi sangat macet pada 10 tahun terakhir. Pemerintah bahkan pernah merencanakan pemindahan ibukota nasional ke kota lain untuk mengatasi masalah tersebut dan membantu mendesentralisasikan ekonomi dan populasi. Selain itu, gempa bumi dahsyat dikabarkan akan melanda Teheran. Namun jutaan warga lebih memilih tinggal dan bekerja di Teheran.
 
 
Seperti kota-kota besar dunia lainnya, Teheran dilanda kemacetan lalu lintas yang serius dan masalah polusi. Kondisi Teheran telah menjadi sangat macet pada 10 tahun terakhir. Pemerintah bahkan pernah merencanakan pemindahan ibukota nasional ke kota lain untuk mengatasi masalah tersebut dan membantu mendesentralisasikan ekonomiékonomi dan populasi. Selain itu, gempa bumi dahsyat dikabarkan akan melanda Teheran. Namun jutaan warga lebih memilih tinggal dan bekerja di Teheran.
 
Di Teheran terdapat ''monumen nasional'' yakni '''Tugu Shahyad''' (Tugu kebebasan/''Freedom Monument''). Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan [[Shah]] [[Mohammad Reza Pahlavi]] yang dimulai pada tahun [[1971]] untuk memperingati ulang tahun Kekaisaran [[Persia]] yang ke-2500. Bangunan ini selesai pada tahun [[1972]]. Dengan arsitektur tradisional [[Islam]] dan modern, tugu ini melambangkan kejayaan dan masa depan [[Iran]].
Baris 50 ⟶ 48:
*[http://www.tehranmiras.ir/ Organisasi Warisan Budaya Teheran] (basa Persia)
 
[[Kategori:Ibu kutha negaranagara]]
 
 
 
[[Kategori:Ibu kutha negara]]
[[Kategori:Kutha ing Iran]]
[[Kategori:Kutha ing Jalur Sutra]]