Basa Jepang: Béda antara owahan

Konten dihapus Konten ditambahkan
c mbenakaké éjaan using AWB
c éjaan using AWB
Larik 53:
 
== Tanda baca ==
Dalam kalimat bahasabasa Jepang tidak ada spasi yang memisahkan antara kata dan tidak ada spasi yang memisahkan antara kalimat. Walaupun bukan merupakan tanda baca yang baku, kadang-kadang juga dijumpai penggunaan [[tanda tanya]] dan [[tanda seru]] di akhir kalimat.
 
Tanda baca yang dikenal dalam bahasabasa Jepang:
* 。(句点/kuten) Fungsinya serupa dengan tanda baca [[titik]] yakni untuk mengakhiri kalimat.
* 、(読点/toten) Fungsinya hampir serupa dengan tanda baca [[koma (tanda baca)|koma]] yakni untuk memisahkan bagian-bagian yang penting dalam kalimat agar lebih mudah dibaca
Larik 69:
Setelah Kekaisaran Jepang mulai dipengaruhi oleh [[Eropa]], angka-angka Latin mulai digunakan secara besar-besaran, dan hampir mengganti sepenuhnya kegunaan angka Tionghoa ini.
 
Dalam pengunaannya di BahasaBasa Jepang, dan untungnya juga agak mirip di bahasabasa Indonesia, angka-angka ini tidak bisa digunakan seperti itu saja untuk menyatakan sebuah jumlah dari sebuah barang, waktu dan sebagainya. Pertama-tama jenis barangnya harus dipertimbangkan, lalu ukurannya, dan akhirnya jumlahnya. Cara berhitung untuk waktu dan tanggal pun berbeda-beda, maka satu hal yang harus dilakukan adalah menghafalkan cara angka-angka ini bergabung dengan satuannya.
 
=== Cara menghitung barang ===
Larik 90:
Untuk mengucapkan seorang dan seterusnya menggunakan angka biasa ditambahi satuan にん(nin), misal: 3 orang さんにん (sannin) 7 orang しちにん (shichinin)
 
== Tata BahasaBasa ==
Tata kalimat dalam BahasaBasa Jepang memakai aturan subyek-obyek. Subyek, obyek dan relasi gramatika lainnya biasa ditandai dengan partikel, yang menyisip di kalimat dan disebut posisi akhir (postposition). Struktur dasar kalimat memakai cabang topik. Contohnya adalah, {{IPA|Kochira-wa Tanaka-san desu}} (こちらは田中さんです). ''Kochira'' ("ini") merupakan topik dari kalimat ini. Kata kerjanya ialah "''desu''" yang berarti "it is" dalam bahasabasa Inggris. Dan yang terakhir, ''Tanaka-san desu'' merupakan cabang atau komentar dari topik ini.
 
=== Infleksi dan Konjugasi ===
Dalam bahasabasa Jepang, kata benda tidak memiliki bentuk numeral, jenis kelamin, atau aspek lainnya. Contohnhya pada kata benda ''hon'' (本) yang mungkin berarti sebuah atau beberapa buku. Juga pada kata ''hito'' (人) yang mungkin berarti orang atau sekumpulan orang. Kata untuk menyebut orang biasanya dalam bentuk tunggal, contohnya ''Harada-san''. Kalau kata panggil jamak, biasanya disebut ''-tachi''.
 
Pertanyaan mempunyai bentuk yang sama dengan kalimat afirmatif. Intonasi akan meninggi setiap akhir dari kalimat pertanyaan. Dalam situasi resmi, biasanya kalimat pertanyaan disertai partikel ''-ka''. Contohnya, kalimat ''Ii desu'' (いいです。) yang berarti "Baiklah" menjadi bentuk ''Ii desu ka'' (いいですか?) yang berarti "Boleh kan?". Biasanya pada situasi tidak resmi, partikel ''-no'' (の) untuk menunjukkan penekanan, contohnya pada kalimat ''Doshite konai-no?'' yang berarti "Kenapa (kamu) tidak datang?".
Larik 101:
 
=== Adjektiva ===
Ada tiga bentuk kata sifat dalam bahasabasa Jepang:
 
# 形容詞 (''keiyoshi'') yaitu penambahan partikel -i, yang memiliki akhiran konjugasi い (i). Contohnya: 暑い日 (''atsui hi'') yang berarti "hari yang panas"
Larik 108:
 
=== Partikel ===
BahasaBasa Jepang juga memiliki beberapa partikel yaitu:
*が ''ga'' untuk bentuk nominatif
*に ''ni'' untuk bentuk dativ.
Larik 116:
 
=== Kesopanan ===
Biasanya untuk menghormati orang yang lebih tinggi, seperti kepada menteri atau direktur, dipakai bahasabasa Jepang sopan yang disebut (丁寧語) ''teineigo''. Untuk menyebut nama menteri, diakhiri dengan partikel ''-sama'' atau ''-sangi''. Contoh: ''Katsumoto-sangi'' (勝本ー参議). Untuk berkenalan, kita harus menggunakan bentuk bahasabasa sopan. Tapi, kalau sudah akrab, kita boleh memakai bahasabasa umum.
 
== Kosa kata ==
BahasaBasa Asli Jepang yaitu berasal dari bahasabasa asli pemukim Jepang zaman dahulu disebut ''yamato kotoba'' (大和言葉 ) yang berarti kosa kata [[Yamato]]. Kosakata Jepang sebagian besar berakar atau berasal dari [[Cina]] disebut ''kango'' (漢語) yang masuk pada abad ke-5 lewat [[Semenanjung Korea]]. Jepang banyak mengadopsi kosakata dari bahasabasa Inggris, kata-kata adopsi ini umumnya ditulis menggunakan huruf katakana. Contoh: マイカー (''maikaa'' - sama dengan pelafalan "my car") yang berarti "mobil saya"
 
== Belajar BahasaBasa Jepang ==
Beberapa [[universitas]] [[internasional]] di dunia mengajarkan bahasabasa Jepang. Mulainya ketertarikan belajar bahasabasa Jepang sewaktu abad ke-18 Masehi, lalu melonjak dimana [[Jepang]] mulai memimpin ekonomi dunia pada tahun 1980. BahasaBasa Jepang semakin diminati karena mendominasi dunia [[kartun]] ([[anime]] dan [[manga]]) di seluruh penjuru dunia. Kebanyakan dari [[otaku]] (penggemar anime) bisa berbicara bahasabasa Jepang walaupun hanya dasarnya. Pemerintah Jepang sebagai pihak yang mengatur bahasabasa Jepang menyediakan tes profisiensi sejenis [[TOEFL]] yaitu [[JLPT]] (Japanese Language Proficiency Test).
-->
== Pranala jaba ==
{{InterWiki|code=ja}}
{{wiktionary}}
{{wikibooks|Cara Konyol Belajar BahasaBasa Jepang}}
* [http://www.omniglot.com/writing/japanese.htm Tentang BahasaBasa dan Aksara Jepang]
* [http://tadotsugakuen.blogspot.com Kelas BahasaBasa Jepang Online di Internet, Gratis]
* [http://kanji.inn.bppt.go.id Kanji - Kamus Online Jepang Indonesia] (BPPT)
* [http://homepage2.nifty.com/kaz-iku/ind2.htm ポケットに入るインドネシア] Indonesia dalam Saku
* [http://www.atrinia.com Atrinia.Com - Kamus on the Fly] Kamus Jepang-Indonesia-Inggris
* [http://groups.yahoo.com/group/tadotsugakuen Komunitas Belajar BahasaBasa Jepang di Indonesia, untuk level pemula dan menengah]
* [http://brng.jp/50renshuu.pdf BahasaBasa Jepang abjad latihan gerak badan (PDF)]
* {{en}}[http://www.shotokai.com.br/akser-curso-de-japones.html AKSER Brasil - Learn Japanese - Video]